Anak hendaknya diajak mencintai kebudayaan dan kesenian

Anak hendaknya diajak mencintai kebudayaan dan kesenian

Lima tahun berdiri, SD Katolik Hati Kudus merayakan selebrasi lustrum pertamanya, kemarin. Dalam kegiatan selebrasi ulang tahun tersebut, berlangsung beragam lomba, seperti fashion show bertemakan pakaian adat setiap daerah di Indonesia.

Panitia Lustrum I SD Katolik Hati Kudus, Matius, menjelaskan, peserta lomba berasal dari beberapa jenjang, TK hingga SD.

“Selain lomba fashion show pakaian adat, panitia juga menggelar lomba menggambar dan mewarnai,” terang Matius seperti dilansir Kaltim Post, (16/4).

Sementara itu, Kepala SD Katolik Hati Kudus Bernardict mengatakan, perayaan ulang tahun tersebut jadi wadah para peserta untuk mengasah kreativitas. Sekaligus ajang memperkenalkan SD Katolik Hati Kudus ke masyarakat, terutama kawasan Samarinda Seberang, Loa Janan Ilir, dan Palaran.

“Kami sangat berharap kegiatan ini bisa memunculkan benih persaudaraan antarlembaga pendidikan. Lembaga yang punya niat sama untuk memajukan dan mewujudkan pembangunan Kaltim, khususnya Samarinda melalui pendidikan karakter dan akal budi,” kata Bernardict.

Menurut dia, selain menjadi wadah persaudaraan, kegiatan tersebut mampu mengajarkan banyak nilai-nilai budi pekerti. Terutama tentang kejujuran.

“Meskipun lomba anak-anak tetap harus menjunjung sikap profesional. Penilaian jujur bukan karena faktor keluarga, pertemanan, latar belakang kesukuan, atau agama,” lanjut dia.

Upaya mengasah kreativitas anak-anak ala SD Katolik Hati Kudus mendapat respons positif dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Samarinda. Pengawas SD Kecamatan Loa Janan Ilir Abdul Gani menilai, kegiatan tersebut merupakan agenda positif. Selain mengasah kreativitas, dapat menumbuhkan rasa kecintaan peserta kepada kesenian dan kebudayaan Tanah Air.

“Inilah contoh dari tujuan pendidikan sesungguhnya. Bukan sekadar mewujudkan kecerdasan akademik, juga kecerdasan karakter. Merevolusi mental dari yang kurang baik menjadi baik, dari yang kurang peduli jadi lebih peduli,” ujar Abdul Gani.

Rudi
About Rudi 201 Articles
Karena kita tidak mungkin menjadi superman lebih baik kita jadi super team,tapi super team itu berat,kamu gak akan kuat.. biar aku saja

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*