Renungan harian 05 maret 2013

 

Selasa, 5 Maret 2013

  • Dan. 3:25,34-43;
  • Mzm. 25:4bc-5ab,6-7bc,8-9;
  • Mat. 18:21-35

Renungan:

Bacaan Injil hari ini mengajarkan kepada kita semua tentang pengampunan. Petrus bertanya kepada Yesus, berapa kali kita harus mengampuni kesalahan sesama. Tujuh kalikah? Dan jawaban Tuhan Yesustentu di luar batas pengampunan yang dipikirkan oleh Petrus. Jawabnya sangat jelas, bahwa pengikut Yesus harus mengampuni tanpa batas. Inilah perintah Tuhan bahwa para murid Yesus haruslahmengampuni tanpa batas.

Salah satu perintah Tuhan yang paling sulit untuk dilakukan adalah mengampuni. Banyak penderitaan yang kita alami di dunia ini, salah satunya adalah karena kita tidak bisa mengampuni sesama. Di banyak tempat, kebencian dan kemudian perselisihan terjadi karena balas dendam. Balas dendam terjadi karena salah satu pihak tidak bisa mengampuni. Banyak penyakit yang ada dalam diri kita terjadi karena kita menyimpan kebencian atau singkatnya kita tidak bisa mengampuni orang yang bersalah kepada kita.

Injil hari ini mengajak kita semua untuk belajar terus menerus mengampuni sesama. Kita boleh percaya bahwa ketika kita bisa lebih banyak mengampuni, kehidupan kita akan menjadi lebih damaidan membahagiakan.

Surga di dunia kita akan semakin nyata ketika kita saling bisa mengampuni kesalahan sesama.Tetapi kita juga perlu ingat bahwa untuk mengampuni memerlukan rahmat dan berkat dari Allah Sang Sumber Kasih itu sendiri. Pengampunan bukan semata-mata kemampuan kita melainkan jugakarena rahmat yang perlu dimohonkan.

 

(Renungan Harian Mutiara Iman 2013, yayasan Pustaka Nusatama, Yogyakarta)

Rudi
About Rudi 201 Articles
Karena kita tidak mungkin menjadi superman lebih baik kita jadi super team,tapi super team itu berat,kamu gak akan kuat.. biar aku saja

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*