Renungan Harian 29 April 2013

 

Senin, 29 April 2013

Bacaan:

  • Kis. 14:5-18;
  • Mzm. 115:1-2,3-4,15-16;
  • Yoh. 14:21-26; atau dr RUybs:
  • (1Yoh. 1:5 – 2:2;
  • Mzm. 103:1-2,3-4,8-9,13-14;
  • Mat. 11:25-30)

Renungan:

Pada hari ini kita memperingati Santa Katarina dari Siena (1347-1380). Dia adalah seorang perempuan yang sederhana, kurang terpelajar, konon tidak pandai menulis dan membaca, namun sejak masa kecilnya ia telah berani mengambil sebuah keputusan untuk hidup demi mengasihi Yesus. Ia menjadi menjadi anggota ordo ketiga Dominikan. Ia tinggal di salah satu kamar di rumah orang tuanya dan mengisi hari-hari hidupnya dengandoa yang penuh disiplin dan matiraga demi pengabdiannya kepada Yesus dan demi pertobatan para pendosa. Setelah berbagai pengalaman rohani yang hebat, ia meninggalkan kamarnya dan mengabdikan dirinya untuk usaha-usaha perdamaian dunia. Karena terkesan dengan usahanya, akhirnya Paus Gregorius XI mau meninggalkan “istana pembuangan” di Avignon, Prancis dan kembali ke Roma, Italia.

Sabda Yesus dalam Injil: “Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil,” kiranya amat tepat untuk didengarkan saat kita sedang memperingati Santa Katarina dari Siena pada hari ini. Katarina, dengan segala kesederhanan, keberanian dan imannya telah menjadi seorang pribadi yang mampu membuat suatu perubahan yang luar biasa pada sejarah Gereja dan dunia pada masa hidupnya.

 

(Renungan Harian 2013, yayasan Pustaka  Nusatama Yogyakarta)

 

Rudi
About Rudi 201 Articles
Karena kita tidak mungkin menjadi superman lebih baik kita jadi super team,tapi super team itu berat,kamu gak akan kuat.. biar aku saja

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*