RIP: Uskup Pangkalpinang Mendiang Mgr Hilarius Moa Nurak SVD

RIP: Uskup Pangkalpinang Mendiang Mgr Hilarius Moa Nurak SVD

Uskup Pangkalpinang, Mgr Hilarius Moa Nurak SVD telah meninggal dunia pada hari ini, Jumat 29 April 2016  pukul 13:00 di Mount Alvernia Hospital Singapura.

Sebelumnya, Mgr Hilarius  dikabarkan jatuh dari tempat tidur di kediamanannya dan dalam kondisi kritis. Karena kondisi beliau tidak sadar hingga petang beliau diberikan Sakramen Minyak Suci.

Akibat kondisinya masih kritis, ia diterbangkan ke Singapura pada 21 April 2016 untuk dirawat di sana.

Ia lahir di Waikabubak, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, 21 Februari 1943. Hingga wafatnya ia berusia 73 tahun.

Ia masuk Kongregasi Serikat Sabda Allah (SVD) dan ditahbiskan menjadi imam pada 2 Agustus 1972.

Setelah dua tahun menjadi imam, ia mendapat kesempatan studi Kitab Suci di Roma tahun 1974-1976. Sekembalinya dari Roma, ia bertugas menjadi pastor pembimbing di Seminari Menengah San Dominggo Hokeng, Larantuka, Flores.

Setelah 12 tahun menjadi guru dan pembimbing bagi para calon imam, ia diangkat menjadi Rektor Seminari Menengah Berkhmans Mataloko, Ngada, Flores, NTT. Dua kemudian, ia diangkat menjadi uskup Pangkalpinang tahun 1987.

Paus Yohanes Paulus II mengangkat beliau menjadi uskup Pangkalpinang pada 30 Maret 1987.

Ia  ditahbiskan menjadi uskup pada 2 Agustus 1987. Bertindak sebagai uskup pentahbis adalah Mgr Darius Nggawa SVD dan sebagai konsekrator adalah Mgr Pius Datubara OFMCap, uskup agung Medan, dan Mgr Joseph Hubertus Soudant SCJ, uskup agung Palembang, Sumatra Selatan.

Saat ini ia menjabat sebagai ketua Episkopal Karismatik di bawah naungan Konferensi Waligereja Indonesia. Ia juga pernah menjabat  beberapa komisi  di KWI.

Jenazahnya akan disemayamkan semalam di Batam sebelum diterbangkan ke Pangkalpinang.

Selamat jalan Mgr Hilarius. Requiescat in Pace.

UCAN Indonesia

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*